Implementasi Data Mining Pola Pembelian Pada Toko Santoso Tiga Sumenep Dengan Menerapkan Algoritma Apriori

  • Moh Ichsan Pradana Wijaya Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Nur Lailatul Aqromi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Siti Nurul Afiyah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Abstract

Dalam persaingan di dunia bisnis ini perlu banyak inovasi dan trobosan yang baru dalam menghadapinya dan menuntut para pelaku bisnis untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Pada penelitian ini penulis mengamati proses kegiatan penjualan pada Toko Alat dan Bahan Bangunan Santoso Tiga Sumenep yang terus berjalan dan begitu juga data yang dihasilkan semakin lama semakin bertambah. Data-data penjualan yang semakin lama akan semakin besar tidak akan berguna dan bermanfaat jika dibiarkan begitu saja.Hal yang harus dilakukan dalam melakukan hal tersebut adalah analisis data penjualan perusahaan dengan menggunakan algoritma. Dalam data mining terdapat beberapa algoritma atau metode yang dapat dilakukan. Algoritma apriori adalah salah satu data mining yang digunakan dalam sistem ini, algoritma ini mencari aturan asosiasi dalam data mining. Algoritma apriori pada sistem ini bertujuan mencari nilai frekuensi pada itemsets pada sekumpulan data. Sedangkan algoritma apriori didefinisikan suatu proses untuk menemukan suatu aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence. Algoritma apriori adalah algoritma yang paling terkenal untuk menemukan pola frekuensi tinggi. Tujuan dari pembuatan sistem pada tugas akhir ini adalah mengetahui apakah algoritma apriori dapat digunakan untuk mengembangkan penjualan dan mengatur strategi pemasaran serta mengetahui hubungan antar barang guna menentukan penempatan barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. E. Akuntansi and S. Maharsi, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen (Sri Maharsi) PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP BIDANG AKUNTANSI MANAJEMEN.” [Online]. Available: http://puslit.petra.ac.id/journals/accounting/
[2] R. Mawarni, T. Kartika Sari, and Y. Duwi Anggiyasari, “‘PERAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN.’”
[3] R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat”.
[4] I. Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan Oleh, K. Tampubolon, H. Saragih, and B. Reza, “IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PERSEDIAAN ALAT-ALAT KESEHATAN.” [Online]. Available: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/487/jbptunikom
[5] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 7, no. 3, pp. 103–108, Jul. 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[6] N. Fitrianti Fahrudin, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Market Basket Analysis,” MIND Journal | ISSN, vol. ISSN, pp. 1–11, 2019, doi: 10.26760/mindjournal.
[7] D. S. Purnia, A. I. Warnilah, S. Nusa, M. Jakarta, and A. Bsi Tasikmalaya, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, vol. 2, no. 2, 2017.
[8] A. Nursikuwagus and T. Hartono, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB,” Jurnal SIMETRIS, vol. 7, no. 2, 2016.
Published
2023-02-20
How to Cite
WIJAYA, Moh Ichsan Pradana; AQROMI, Nur Lailatul; AFIYAH, Siti Nurul. Implementasi Data Mining Pola Pembelian Pada Toko Santoso Tiga Sumenep Dengan Menerapkan Algoritma Apriori. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 97-108, feb. 2023. ISSN 2580-8397. Available at: <https://www.jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/909>. Date accessed: 23 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.32815/jitika.v17i2.909.