Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning

Main Article Content

Untung Rahardja Ninda Lutfiani Arini Dwi Lestari Edward Boris P Manurung

Abstract

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat berdampak lahirnya era disruptif yaitu teori inovasi yang dicetuskan oleh newcumbent yang keberadaannya megancam incumbent. Efek dari Disruptif ini menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan secara mendasar dan meluasnya inovasi teknologi yang mengubah cara berhubungan antarmanusia dalam segala bidah tidak terkecuali pendidikan tinggi. Jika dilihat dari segi kuantitatif, pertumbuhannya cukup mengagumkan. Namun, bila di sangkutpautkan dengan mutunya, perkembangannya mencemaskan. Maka dari itu, pendidikan tinggi harus berlomba-lomba untuk mengubah sistem pembelajaran dengan mengikuti pola inovasi disruptif agar meningkatkan mutu pembelajaran yang akan berdampak terhadap peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) metode yang digunakan, Hasil penelitian ini menyajikan kesiapan Perguruan Tinggi Raharja dalam menghadapi era disruptif melalui metodologi  iLearning. Dimana dalam proses pembelajarannya meliputi 3 (tiga) hal, yaitu Rinfo, iDu dan iMe. Dengan metode pembelajaran ini, mahasiswa menjadi lebih inovatif dan kritis dalam berfikir.


 

Article Details

How to Cite
RAHARDJA, Untung et al. Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 23-34, jan. 2019. ISSN 2580-8397. Available at: <https://www.jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/298>. Date accessed: 26 oct. 2020.
Section
Articles